Rabu, 02 September 2009

Mengatasi Budaya Ngaret






Budaya ngaret memang sudah mendarah daging dalam kehidupan masyarakat kita. Untuk yang sekolah, kuliah dan kerja pasti susah untuk ontime. Padahal budaya ngaret ini merugikan banyak orang, nah sudah waktunya kita merubah budaya ngaret ini dengan be on time anywhere and anytime, and it’s start from you too!

Saya akan membagikan tips untuk mengatasi budaya ngaret, tips ini saya dapat dari salah satu majalah. :

1) Time management skill

Kebiasaan ngaret sering banget diawali karena kelemahan kita dalam me-manage waktu. Karenanya, pandai-pandai mengolah waktu yang 24 jam sehari dengan bijaksana. Mulailah dengan men-schedule aktivitas sehari-harimu dengan sebuah time planner atau gunakan remainder buat mengingat kegiatan yang mesti kamu lakukan atau janji ketemuan dengan seseorang.

2) Disiplin

Jangan terbiasa melanggar atau mengabaikan kegiatan-kegiatan yang sudah kamu susun dengan baik dan rapi. Kamu mesti disiplin karena dengan melanggar satu poin sama artinya kamu merusak semuanya. Contoh, kamu tahu seharusnya kamu menemui seseorang atau menghadiri acara di suatu tempat pada waktu yang sudah ditentukan tapi kamu tetap saja asyik terlibat obrolan yang tidak penting. Akhirnya kamu pun telat. Sikap ngaret kamu ini jelas ngecewain atau bahkan merugikan orang lain. Ingat, kepercayaan itu mahal! dengan tidak ontime itu sudah nunjukin kamu bukan orang yang bisa dipercaya.

3) Tentukan prioritas

Belajar nentuin skala prioritas supaya kamu tidak kebingungan nentuin mana yang harus didahuluin dan mana yang bisa ditunda. Dengan adanya skala prioritas ini kamu juga bisa lebih fokus dan tidak gampang bikin kegiatan atau janji baru dengan orang lain yang mungkin mengakibatkan jadwal atau janji ketemuan dengan seseorang yang sudah kamu buat berantakan alias molor karena tertahan kegiatan-kegiatan atau janji ketemuan yang tidak terencana sebelumnya.

4) Hargai orang lain

Belajarlah menghargai orang lain kalau kamu ingin dihargai oleh orang lain. Prinsip ini mesti kamu ingat baik-baik saat bikin janji dengan seseorang. Dengan kamu datang terlambat alias tidak ontime sama saja kamu sudah tidak menghargai orang lain.

5) In the end,

pasti kamu sendiri yang bakal metik buahnya dengan kamu merubah diri dari fashionable late jadi fashionable on time.

Semoga tips ini berguna, agar kita menghargai diri kita dan menghargai orang lain. dan selalu ontime.....Good Luck!


23 komentar:

  1. waaah.... thx bgt da infonya.. bakal gw praktekin deh, secara gw sering dateng telat klo ke kampus.. ternyata banyak ruginya yaa..

    ok, mulai sekarang gw harus bisa me-manage waktu dan harus bisa memprioritaskan kegiatan yang lebih penting.. ^^

    BalasHapus
  2. good idea girl...
    bener jg seh,secara gw jg sk ngaret heheheh
    thank's y bt informnya..
    nah,skrg gw bakal terapin deh spy g ngaret2 lg...

    BalasHapus
  3. bagus ni kak tipsnya,,, mudah2an teman2 saya yg suka ngaret klo lagi janjian bisa sadar ttg hal ini.... hehehe capek tau nungguin org yg gx tepat waktu.. gx menghargai org.... saya juga sering ngaret sii tp gx sering2 bgt seringnya nunggu org. bagus juga buat masukan saya.

    good.... :)

    BalasHapus
  4. huhu..telat y!!(alias ngaret,,)
    ok banget nh tips na,,
    sungguh pelajaran yg sangat berarti sekaligus bermanfaat bgt nh wt smua orang!!
    ga rugi dh kl ud baca tipz ni,,
    keren hilda,,,

    BalasHapus
  5. neng hilada,,,gw banget nh kl masalah telat!!!
    hahaha,,,aplgi k kmpuz,,haduuhhhh,,
    tp now ud ga kokk,,,
    b'guna bgt nh wt khidupn qt shari2,,aplgi yg pdat jdwal,,
    T O P _ B G T,,

    BalasHapus
  6. Boleh juga tips ny,..
    secara hampir semua orang pastii ngareett,..
    termasuk gw..
    hehe
    mgkn selain 5 point di atas g rasa kesadaran dari sendiri dan kemauan tu kan lebih membantu untuk menyukseskan semua,..
    so yukkk kita praktekiin...

    BalasHapus
  7. Pipit, nani, putri, dedi,fitriah aprilliana : thanks ya comment loe pada. ya ni bagus bgt deh tips ttg ngaret ni... pas g baca di majalah wah ternyata...kita bgt yang suka ngaret ya....hehhehe, akhirnya g tau dengan ngaret ternyata sangat merugikan deh....and sama2 untuk berubah n menghargai waktu.

    BalasHapus
  8. untuk yosefita... benar sic selain dari 5 point diatas, yang lebih utama adalah kesadaran diri sendiri dan kemauan yang keras untuk berubah...cahyooooo. kita praktekin deh...

    BalasHapus
  9. pas bgt ni hilda, g bisa belajar lebih ontime untuk kuliah dan janjian ma teman-teman.Thanks tipsnya...

    BalasHapus
  10. Ya tips yang bagus Hil,
    Boleh juga dipraktekkan dalam dunia sehari-hari.
    Tapi masih ada yang bermasalah yaitu bagaimana kalau yang sering telat itu orang yang kita hormati contohnya kalau dosen bagaimana carany?

    Intinya tips u bagus dan boleh dicontoh.
    He..hee.

    By. Ir. Anton Kevin,S.E

    BalasHapus
  11. Bagus juga tips" nya sangat membantu. kita memang harus bisa mengatur waktu,belajar displin penting bgt. Dengan mendapatkan teman yg bisa bantu mengingatkan spy gak telat itu baik, tp kita gak mungkin harus diingatkan oleh teman kita, harus ada kesadaran diri sendiri untuk mau datang tepat waktu dan mengatur waktunya^^
    Vinna M

    BalasHapus
  12. ya dengan adanya tips ini,,mungkin kita dapat merubah pola pikiran kita.thx ya atas tipsnya
    Baktiwan

    BalasHapus
  13. tips nya keren bgt,mungkin untuk memotivasi aku kembali untuk lebih displin..biar bisa berhasilllll:-) thq untuk tips nya yang sangat membantu..lidia Maniz

    BalasHapus
  14. Lidia(limar_sulastry@yahoo.com)4 September 2009 pukul 12.41

    bagus hilda.....tipsnya untuk di tempat kerja, agar bisa lebih disiplin. n kita bisa lebih manage waktu kita...tq tipsnya...

    BalasHapus
  15. Rudy(liurudys@yahoo.com)4 September 2009 pukul 12.51

    boleh juga nih, emang orang sering ngaret atau telat waktu merupakan kebiasaan yg sering dilakoni banyak orang karena orang tersebut sudah biasa ngaret atau memang kebiasaan dia begitu, dalam hal ini kedisiplinan orang tersebut memang harus diubah didalam diri dia sendiri kalo pengen menghilangkan kebiasaan itu dan hal kadang agak sukar diubah kalo diri orang tersebut masih bersifat malas untuk bergerak cepat atau melakukan tindakan yg tepat pd waktunya. nah..jadi kebiasaan ngaret inilah orang yg sering ngaret sering ditegur atau dimarahi karena keterlambatan dan dalam hal berdampak dari kepercayaan orang laen terhadap orang yg ngaret itu, makanya ikuti saran hilda nih good job

    BalasHapus
  16. Warda Hayati (brownerzt_ayya@yahoo.com)4 September 2009 pukul 13.07

    bener banget nih tips nya.. terkadang kita gak sadar klo kita udah ngecewain orang lain karena udah menunggu terlalu lama... budaya ngaret emang sudah menjadi kebiasaan, tetapi masih bisa diatasi dengan niat dari diri sendiri untuk bisa menghargai waktu dan memprioritaskan hal-hal yang lebih penting..

    BalasHapus
  17. rudi, vina, lidia, warda... benar juga sic intinya diri sendiri deh.... yang bisa merubah,...terus lebih bisa menghargai waktu deh.... thanks ya commentnya,...

    BalasHapus
  18. Nabila (wha2_fheydha.yahoo.co.id)4 September 2009 pukul 14.14

    setujuuu...!! kita memang harus bisa menghargai waktu dan orang lain...
    So, be on time yaaa... ;->

    BalasHapus
  19. Theresia(estykeraf_ybhk@yahoo.co.id)4 September 2009 pukul 15.07

    ok juga tipsnya...tetapi semua kembali kepada diri sendiri mau berubah untuk tidak ngaret semakin lebih baik karena sesuatu dimulai dengan disiplin membuahkan sesuatu yang positif... thanks de untuk tipsnya. Lebih baik berubah daripadi tidak sama sekali...

    BalasHapus
  20. Aris Dewanto(paulus_arisdewanto@yahoo.co.id)4 September 2009 pukul 15.12

    ok juga tips itu yang penting diterapkan dalam kondisi apapun dan di lingkungan manapun secara konsisten dan jangan kaget menghapus budaya ngaret itu adalah suatu hal yang tidak populis atau tidak disukai banyak orang meskipun pada akhirnya dibenarkan atau diakui....

    BalasHapus
  21. Gimana klo ngaret karena susah bangun pagi.. dan itu penyakit lama :D
    Sampe kantor siang terus..., kadang cuci muka di toilet kantor... :D

    So, aku suka yang poin "4). Hargai Orang Lain",
    Point ini mewakili semuanya.
    Ketika kita sudah mampu memahami arti Menghargai Orang Lain secara "Kata kerja, dan bukan kata sifat", aku rasa bukan cuma kita akan ontime saja dalam memenuhi janji, terlebih Apapun yang dilakukan pasti itu adalah yang terbaik.

    BalasHapus
  22. dedet(minivireta@gmail.com)4 September 2009 pukul 15.18

    tipsnya bagus banget... tapi semua kembali kepada diri sendiri maukah dia melawan dirinya sendiri ....untuk berubah ....

    BalasHapus
  23. betul sekali mba hilda,.
    saya tuh paling nga bisa kalau orang slalu ngaret sama waktu.
    tapi untungnya saya slalu menghargai watu, karena kalau kita menghargai waktu,kita jag akan dihargai oleh waktu.

    bagus sekali tipsnya mba hilda

    BalasHapus